Tahukah Anda!! Penyebab Buah-buahan berwarna merah, biru dan ungu?

Penyebab Buah-buahan berwarna merah, biru dan ungu?



Assalamualaikum Wr Wb

Nah teman-teman tahu tidak apa yang menyebabkan buahan berwarna merah, biru dan ungu?

Warna-warna merah, biru, dan ungu pada buah-buahan sebagian besar disebabkan oleh adanya antosianin, suatu pigmen yang bersifat larut dalam air. Warna yang disebabkan oleh adanya antosianin dipengaruhi oleh : Konsentrasi, pH, dari media atau adanya pigmen lain.

Konsentrasi antosianin yang rendah menyebabkan warna tidak merah melainkan ungu. Apabila konsentrasi sangat tinggi maka warnanya menjadi ungu tua atau bisa menjadi warna hitam, minyalnya pada kedelai hitam.

Pengaruh pH media pada antosianin sangat besar terutama dalam penetuan warnanya. Umumnya pada pH rendah, antosianin berwarna merah, padalah pada pH netral berwarna biru dan pada pH tinggi berwarna putih.


Penyimpanan buah-buahan yang pigmen merah atau ungu yang terlalu lama, akan mengakibatkan warna beberapa jenis pigmen hilang dan timbul warna merah kecoklatan yang akhirnya yang akhirnya berubah menjadi coklat. Contoh seperti buah apel. Bila di simpan di suhu 1oC, antosianin tidak akan berubah selama 6 bulan. Tetapi bila di simpan pada suhu antara 18-21oC, warna akan cepat berubah dan perubahan tersebut semakin Nampak bila disimpan pada suhu 38oC.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment