Syarat dan Prinsip Diet Rendah Sisa

DIET SISA RENDAH 



Diet Sisa Rendah adalah makanan yang terdiri dari bahan makanan rendah serat dan hanya sedikit meninggalkan sisa. Yang dimaksud dengan dengan sisa adalah bagian-bagian makanan yang tidak diserap seperti yang terdapat di dalam susu dan produk susu serta serat daging yang berserat kasar (liat). Makanan lain yang merangsang saluran cerna di batasi. 

Tujuan Diet Sisa Rendah adalah untuk memberikan makanan sesuai kebutuhan gizi yang sedikit mungkin meninggalkan sisa sehingga dapat membatasi volume feses, dan tidak merangsang saluran cerna. 

Diet Sisa Rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulasi akut, obstipasi spastik, penyumbatan bagian cerna, hemoroid berat, serta pada pra dan pascabedah saluran cerna. Diet biasanya rendah dalam beberapa jenis zat gizi, sehingga hanya diberikan untuk jangka waktu pendek. Bila diperlukan, di samping diet diberikan suplemen vitamin dan mineral atau makanan parenteral.

Syarat dan Prinsip Diet: 

1. Energi cukup sesuai dengan umur, gender, dan aktivitas. 
2. Protein cukup, yaitu 10-15% dari kebutuhan energi total. 
3. Lemak sedang, yaitu 10-25% dari kebutuhan energi total. 
4. Karbohidrat cukup, yaitu sisa kebutuhan energi total. 
5. Menghindari makanan berserat tinggi dan sedang sehingga asupan serat maksimal 8 gram/hari. 
6. Menghindari susu, produk susu, dan daging berserat kasar (liat) sesuai dengan toleransi perorangan. 
7. Menghindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam. 
8. Makanan dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu tidak terlalu panas dan dingin. 
9. Makanan sering diberikan dalam porsi kecil.
10. Bila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, diet perlu disertai suplemen vitamin dan mineral, makanan formula, atau makanan parenteral. 

KESIMPULAN 

Diet Sisa Rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulasi akut, obstipasi spastik, penyumbatan bagian cerna, hemoroid berat, serta pada pra dan pascabedah saluran cerna. Diet biasanya rendah dalam beberapa jenis zat gizi, sehingga hanya diberikan untuk jangka waktu pendek. Bila diperlukan, di samping diet diberikan suplemen vitamin dan mineral atau makanan parenteral. Diet Serat Tinggi diberikan kepada pasien konstipasi kronis dan penyakit divertikulosis. Lama pemberian diet disesuaikan dengan perkembangan penyakit.

DAFTAR PUSTAKA 

Almatsir. 2006. Penuntun Diet. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta Mita. 2014. Aneka Resep Masakan Eropa Sederhana yang Mudah Dibuat. file;///D;/anekaresepmasakaneropayangmudahdibuat_Masakannusantara.org.htm Resepkita. 2013. Masakan Eropa. file;///Resepkita.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment