TIPS cara mengobati mencret (diare) dengan mudah dan tidak bikin repot

Cara mengobati DIARE


Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit perut dan mencret akibat mengonsumsi makanan yang sudah tidak layak untuk dimakan dan mengonsumsi makanan sembarangan. Mencret atau diare adalah gangguan pada sistem pencernaan yaitu masalah pada penyerapan air di usus besar tidak berjalan dengan normal. Jika terserang diare seseorang akan BAB (buang Air besar) lebih dari 3x dalam 24 jam. Penanganan diare harus ditanggapi dengan serius apabila sudah pada tahap akut dan diare disertai dengan darah, lendir, nyeri di abdomen (bagian perut), nafsu makan berkurang, demam, dan steatorea (terdapat lemak dalam feses) penyakit ini dapat berupa Kolitis Ulseratif dan Chron's Disease.

Cara Penanganan dan Mengobati Diare:
1. Yang harus dihindari saat diare adalah makanan yang berserat tinggi (buah pepaya, apel dan biji-bijian). Menghindari susu,  produk olahan susu, daging berserat kasar (liat) sesuai dengan toleransi masing-masing.
2. Menghindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam
3. Makanan di masak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu tidak terlalu panas dan dingin.
4. Makanan sering diberikan dalam porsi kecil
5. Cukup cairan dan elitrolit. Pada saat diare pasti akan kehilangan cukup banyak cairan dan elitrolit, jadi dalam penanganan diare di perlukan banyak cairan elitrolit.

Nah, tips untuk membuat minuman cairan elitrolit ini sangat mudah yaitu dengan AGGS (Air Gula Garam Soda), tambahkan 1/2 sdt gula dan garam beri sedikit soda dalam air satu gelas cukup diaduk hingga semua bahan tercampur, jika semua bahan sudah hancur minum AGGS tersebut.

Jadi ini lah cara mudah bagaimana penanganan diare atau mencret tahap awal jika cara tersebut belum berhasil mohon bawa ke Rumah Sakit terdekat.
Selamat Mencoba
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment