Udang Bakar Pedas Manis


Protein adalah senyawa organik komplek berbobot molekul besar yang terdiri dari asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor.

Protein berperan penting dalam pembentukan struktur, fungsi, regulasi sel-sel makhluk hidup dan virus. Protein juga bekerja sebagai neurotransmiter dan pembawa oksigen dalam darah (hemoglobin). Protein juga berguna sebagai sumber energi tubuh.

Protein merupakan salah satu biomolekul raksasa, selain polisakarida , lipid , dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utama semua makhluk hidup. Pada manusia protein menyumbang dari 20% berat total tubuh. Protein ibaratnya seperti sebuah mesin, mesin yang menjaga dan menjalankan fungsi tubuh semua makhluk hidup, Tubuh manusia terdiri dari sekitar 100 trilyun sel masing-masing sel memiliki fungsi yang spesifik. Setiap sel memiliki ribuan protein berbeda, yang bersama-sama membuat sel melakukan tugasnya. 

Fungsi protein dalam tubuh
1.      Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel
2.      Berfungsi pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh yang rusak.
3.      Membuat hormon (sintesis hormon), yang membantu sel-sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan kegiatan tubuh
4.      Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh .
5.      Berperan Kontraksi otot - dua jenis protein (aktin dan myosin) yang terlibat dalam kontraksi otot dan gerakan.
6.      Membuat enzim. Suatu enzim memfasilitasi Reaksi biokimia seperti mengikat hemoglobin, mengangkut oksigen melalui darah.
7.      Sebagai cadangan dan sumber energi tubuh. Ada tiga jenis nutrisi penting yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh manusia: Protein, Karbohidrat, dan Lemak
B.     Tujuan
Untuk mengetahui bagaimana cara pengolahan yang baik dan benar dalam mengolah sumber protein khususnya seefood (Udang) yang sehat, enak dan layak untuk dikonsumsi.



BAB II PEMBAHASAN
Udang merupakan salah satu makanan laut yang cukup digemari di Indonesia. Dengan wilayah geografis Indonesia yang sebagian besar adalah lautan, tidak sulit untuk mendapatkan udang sebagai bahan makanan. Selain dikonsumsi dengan cara dimasak, udang juga diolah menjadi bahan lain seperti terasi atau kerupuk udang.
Kandungan Nutrisi Udang
1.      Sumber Vitamin
Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.
2.      Sumber Mineral
Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia.
3.      Sumber Protein
Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.
4.      Asam Amino
Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.
5.      Rendah Kalori
Kalori udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang cukup baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.



Manfaat Udang untuk Kesehatan
1.      Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung) karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris.
2.      Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh. Baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah massa otot.
3.      Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori.
4.      Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya.
5.      Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi.
6.      Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh dengan kandungan zinc-nya
7.      Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan kandungan vitamin D, B12 dan Omega 3
8.      .Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi.
9.      Menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A.
10.  Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) dengan kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi.Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium dan potassium yang tinggi.

A.     Bahan
1.      500 gram udang pancet ukuran sedang, potong sungutnya.
2.      1 sendok teh garam
3.      ¼ sendok teh merica bubuk
4.      1 sendok teh merica bubuk
5.      1 sendok teh air jeruk nipis
Bumbu halus untuk olesan:
1.      6 butir bawang merah, goreng
2.      4 siung bawang putih, goreng
3.      5 buah cabe merah kriting, goreng
4.      4 buah kemiri, goreng
5.      3 sendok makan kecap manis
6.      50 ml minyak goreng
7.      ½ sendok teh garam
8.      ½ sendok teh merica bubuk

B.     Cara Membuat
1.      Lumuri udang dengan garam, merica bubuk, dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
2.      Lumuri udang dengan bumbu halus. Tusuk memanjang.


3.      Bakar sampai harum dan matang sambil diolesesi sisa bumbu.



C.     Daftar Belanja
Bahan Makanan
Berat
Satuan
Harga
Udang
500
Gram
Rp 35.000
Garam
1.5
Sdt
Rp 500
Merica
1.75
Sdt
Rp 3.000
Air Jeruk Nipis
1
Sdt
Rp 500
Cabe Merah (Kriting)
5
Buah
Rp 2.000
Bawang Merah
6
Butir
Rp 500
Bawang Putih
4
Suing
Rp 500
Kemiri
4
Buah
Rp 2.000
Kecap Manis
3
Sdm
Rp 1.000
Minyak Goreng
50
Ml
Rp 2.000
Jumlah


Rp 47.000

D.     Tata Tertib Kerja
Kegiatan
Waktu
1.      Persiapan alat dan bahan
2.      Menggoreng bahan
3.      Menghaluskan bumbu
4.      Melumuri garam udang dan diamkan
5.      Lumuri bumbu
6.      Bakar udang
7.      Plating
5 menit
2 menit
3 menit
15 menit
3 menit
10 menit
5 menit

E.      Nilai Gizi
Bahan makanan
Berat (gr)
E (kkal)
P (gr)
L (gr)
KH (gr)
Udang
500
455
105
1
0.5
Merica
10
37
1.15
0.68
6.44
Cabe Merah
10
4
0.1
0.03
0.73
Kecap Manis
30
21
1.71
0.39
2.7
Minyak Kelapa S
50
442
0
50
0


959
107.96
52.1
10.37




F.      Penilaian Praktikum
Rasa
Tekstur
Keindahan
Kebersihan
Waktu







Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment